Slide show

Powered by Blogger.

Ikuti Blog Ini

Blog Pribadiku

Toko Online Benih Tanaman

Blog Lainnya

Pages

Magento Untuk Pemula

Magento adalah platform e-commerce open source yang cukup lengkap dan paling berkembang di jagat e-commerce saat ini, setidaknya itu menurut beberapa sumber terpercaya (Kalau tidak percaya silahkan googling sendiri he he ... ).  Artikel ini Magento untuk pemula adalah sedikit review dari penulis yang memang pemula soal magento.
Contoh tampilan webstore magento  www.benih.galeripos.com


Platform Magento pertama kali dikembangkan pada Juli 2007 dan pertama kali di publikasikan versi betanya pada 31 Agustus 2007. Saat ini versi magento sudah mencapai versi 1.9.
Seperti dikatakan diatas bahwa Magento merupakan platform e-commerce yang cukup lengkap, dan sangat powerfull. Fitur dan alat yang disediakan platform ini memang disiapkan untuk membuat sebuah website e-commerce secepat mungkin.

Ada 2 versi Magento yang berkembang saat ini, yang mana kaitannya dengan dana yang Anda sediakan untuk membangun webstore. Versi yang gratis yaitu Magento Community dan yang berbayar yaitu Magento Enterprise. Hanya saja untuk kali ini kita tidak akan membahas tentang kedua versi tersebut, yang akan dibahas adalah kekuatan dan kelemahan Magento itu sendiri.

Tidak lengkap jika tidak memamerkan fitur-fitur yang tersedia pada Magento tentunya. Fitur-fitur berikut ini adalah fitur-fitur dasar yang disediakan Magento termasuk pada versi community nya.


Tampilan login backend Magento


  • Analisa dan Laporan
Ada banyak laporan yang disediakan mulai dari laporan sales, order, invoice, produk best seller, most viewed dsb plus tambahan script Magento juga terintegrasi dengan google analytics, sehingga anda bisa menganalisa perkembangan webstore Anda. (not bad for gratisan bukan?? Hehe)

  • ·         Manajemen Produk
Anda bisa menyertakan banyak image pada satu produk, memasukan produk pada daftar incaran (wishlist) dan banyak lagi. Termasuk bisa menjual downloadble product.

  • ·         Pencarian Katalog
Navigasi yang mudah, advanced product filter system, serta membandingkan produk.

  • ·         Manajemen Katalog
Mengatur inventory atau persediaan barang, import dan export produk, menambahkan atribute produk.

  • ·         Akun Pelanggan
Memberikan akun pada pelanggan sehingga bisa memudahkan dalam pemesanan barang, melihat status order, melihat order historynya. Mengatur alamat billing dan alamat shippingnya.

  • ·         Layanan Pelanggan
Meningkatkan fitur layanan pelanggan, menambahkan form kontak kami, order tracking dan history yang komprehensif, order email yang bisa di kostumasi.

  • ·         Manajemen Pemesanan
Membuat pemesanan via admin area, membuat multiple invoice shipment dan kredit memo, call center order
creation option.

  • ·         Pembayaran
Metode pembayaran yang berbeda-beda (Kartu Kredit, Pay Pall, Kartu debit, ATM,  Money order, Wesel Pos dan lain sebagainya)

  • ·         Pengiriman
Pengiriman ke banyak alamat, melalui berbagai perusahaan ekspedisi USPS, Australian post, Japan post, Pos Indonesia dengan tarif yang bisa di kostumasi sesuai tarif perusahaan ekspedisi tersebut.

  • ·         Checkout
One page checkout, checkout sebagai member atau non member.

  • ·         Search Engine Optimization
Tool untuk mengoptimalkan pencarian webstore ada pada google.com, support google sitemap juga.

  • ·         International Support
Mendukung banyak bahasa dan mata uang berbagai negara. Daftar negara tersedia pada saat registrasi, pembelian dan pengiriman.

  • ·         Marketing Promotion & Tools
Mendukung promosi para merchant anda. Kupon, diskon dan alat promosi lainnya.

  • ·         Site Management
Kustomasi tampilan dengan aneka template (Ada yang gratis juga), mengatur multiple website dan lain sebagainya.

Ok, kita sudah mengetahui fitur dasar magento. Selanjutnya ada baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan Magento. 

Tampilan dashboard admin backend magento

Kelebihan Magento

·         Ini opensource bro, fitur gratisnya pun nyaris lengkap. Plus gampang digunakan. Tersedia banyak ekstension tambahan memperkuat webstore Anda. Memang ada yang berbayar tapi banyak juga yang gratis lho.

·         Magento dibangun dari skala 1 sampai 1 juta, menghindari perangkap umum bagi para developer. Kode bisa digunakan ulang, mudah dimaintain, debugging dan lain-lain. Semua masalah mahal yang harus di tangani ecommerce solution provider. Magento memiliki konsep yang benar dan rapi. Pengelolaan produk pada Magento mulai dari produk sederhana atau configurable produk, grouped, bundled, virtual dan digital produk dapat disediakan. Anda bisa juga menjual tiket taman hiburan atau bahkan musik digital mp3 tanpa ekstensi tambahan.
·         Banyak forum yang membahas magento (Community) bertanyalah dan banyak yang akan membantu.

Kekurangan Magento

·         User sering komplain bahwa Magento lebih lambat bila dibandingkan dengan ecommerce solution yang lain.
·    Sistem Magento sangat komplek dan tidak mudah untuk dipahami. Butuh banyak waktu untuk mengerti Magento dikarenakan kode yang sangat kompleks. Sehingga butuh pekerjaan yang tepat dan efisien agar Magento dapat berjalan dengan baik.

·    Anda perlu memilih hosting yang tepat berkaitan dengan besarnya file Magento untuk hasil yang baik. Webstore akan berjalan dengan lambat apabila web service tidak sesuai persyaratan.
·         Proses instalasi agak rumit.

Demikian pembahasan tentang Magento, seperti platform ecommerce lainnya tentunya ada kelebihan dan kekurangan Magento. Selanjutnya tinggal terserah Anda memilih platform ecommerce yang mana.  Terimakasih, semoga informasi ini bermanfaat. (www.galeripos.com)

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasi ini berguna. Selain itu kita perlu mempertimbangkan penjualan memotivasi dan kegiatan sosial terkait hal. Jadi pencarian saya berjalan berdasarkan perspektif ini. Baru-baru ini saya menemukan sebuah situs dengan banyak ekstensi Magento yang lebih bermanfaat untuk konversi eCommerce memeriksanya https://goo.gl/rC9Ira. Saya harap informasi ini akan membantu untuk yang mencari untuk meningkatkan penjualan.

    ReplyDelete
  2. mas ini kan saya sudah berjualan di magento, saya bikin web di orang, nah yang saya bingungkan pencairan dananya mas, cara pencairan dananya gimana ya mas.
    thx.

    ReplyDelete

vehicles

business

health